September 18, 2021 By kanpusaiban.net 0

Ketahui Hal-hal yang Berkaitan bersama dengan USG Program Hamil

Ketahui Hal-hal yang Berkaitan bersama dengan USG Program Hamil

USG program hamil adalah prosedur pengecekan yang dikerjakan untuk memandang keadaan organ reproduksi terhadap pasien yang sedang menekuni program kehamilan. USG program hamil kebanyakan meliputi 2 type pemeriksaan, yaitu USG transvaginal dan USG panggul.

Ultrasonografi (USG) adalah prosedur pencitraan bersama dengan gunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk membuahkan gambar keadaan anggota dalam tubuh pasien. Melalui teknologi USG, dokter bisa mendeteksi masalah yang kemungkinan berlangsung terhadap organ, struktur, atau jaringan tubuh tanpa harus menyebabkan sayatan berbadan dua sehat .

Ketahui Hal-hal yang Berkaitan bersama dengan USG Program Hamil – Alodokter

USG dikerjakan terhadap wanita yang sedang menekuni program kehamilan untuk mendeteksi kapan ovulasi terjadi. Ovulasi merupakan pelepasan sel telur dari indung telur. Jenis USG yang dikerjakan sepanjang program hamil adalah USG panggul atau USG transvaginal. Selain untuk mendeteksi ovulasi, USG program hamil juga miliki beberapa manfaat, antara lain:

Memeriksa keadaan organ atau jaringan yang jadi anggota dari sistem reproduksi wanita, seperti rahim, vagina, saluran indung telur, dan indung telur.
Mendeteksi kelainan yang kemungkinan berlangsung terhadap rahim, seperti kista atau miom.
Memantau efektivitas obat peningkat kesuburan atau vitamin yang dikonsumsi pasien sepanjang menekuni program hamil.

Indikasi USG Program Hamil
USG program hamil dikerjakan oleh tiap tiap wanita yang sedang menekuni program kehamilan. Sebagian besar wanita kebanyakan menekuni program hamil sesudah 1 tahun tidak beroleh keturunan, biarpun sudah jalankan kegiatan seksual secara aktif dan tanpa kontrasepsi. USG program hamil digunakan untuk mengevaluasi beberapa aspek mengenai keadaan sistem reproduksi pasien, antara lain:

Posisi dan keberadaan organ reproduksi. Salah satu aspek pengecekan paling mendasar gara-gara beberapa wanita dilahirkan tanpa indung telur (ovarium) atau rahim klinik kehamilan jakarta dan bekasi .

Kondisi ovarium. Pemeriksaan terhadap ukuran dan wujud indung telur atau ovarium.
Jumlah folikel antral. Folikel antral adalah kantung kelenjar berisi sel telur yang belum matang. Jika jumlah folikel antral terlalu rendah, maka bisa menunjukkan cadangan sel telur yang rendah. Namun, kalau jumlah folikel antral terlalu tinggi, maka bisa menunjukkan kemungkinan PCOS (polycystic ovary syndrome).

Kondisi rahim. USG digunakan untuk mengidentifikasi ukuran, bentuk, dan posisi rahim, dan juga kemungkinan terdapatnya kelainan terhadap rahim.
Ketebalan endometrium (selaput lendir rahim). Endometrium akan makin lama menebal dikala pasien mengalami siklus menstruasi. USG digunakan untuk mendeteksi kalau ketebalan endometrium tidak normal cara membaca hasil usg .

Kondisi saluran indung telur. USG digunakan untuk mendeteksi kelainan yang kemungkinan berlangsung terhadap saluran indung telur atau tuba falopi, sekiranya pembengkakan.
Selain itu, USG program hamil juga dikerjakan untuk mendeteksi beberapa keadaan yang menyebabkan terhambatnya sistem kehamilan, seperti:

Kista indung telur.
Miom.
Endometriosis.
Penyakit radang panggul yang menyebabkan cedera atau pembengkakan terhadap saluran indung telur.
Ketidaksuburan yang ditandai bersama dengan ketidakmampuan ovarium untuk membuahkan sel telur, sel telur tidak bergerak ke rahim, atau sel telur yang dibuahi tidak melekat terhadap dinding rahim
Sebelum USG Program Hamil
Sebelum menekuni USG program hamil, pasien akan menekuni konsultasi bersama dengan dokter. Pada langkah ini, dokter akan mengajukan pertanyaan mengenai siklus haid, obat yang sedang dikonsumsi, model hidup, atau keluhan lain yang kemungkinan dialami pasien. Selanjutnya, dokter kemungkinan akan jalankan pengecekan fisik untuk meyakinkan keadaan tubuh pasien cara membaca hasil usg .

Pasien kebanyakan tidak butuh persiapan tertentu sebelum menekuni USG program hamil. Namun, ada beberapa perihal yang harus dikerjakan pasien sebelum menekuni USG program hamil, antara lain:

Mengonsumsi kurang lebih 4 gelas air putih setidaknya 1 jam sebelum menekuni pengecekan USG panggul. Hindari membuang air kecil hingga sistem pengecekan selesai. Kandung kemih yang penuh menyebabkan organ bisa terlihat lebih menyadari terhadap layar monitor.
Sebaliknya, untuk pasien yang akan menekuni USG transvaginal, dokter akan merekomendasikan untuk mengosongkan kandung kemih sebelum menekuni pengecekan USG.
Jika pasien sedang dalam era menstruasi, USG transvaginal senantiasa bisa dilakukan. Pasien akan diminta untuk membiarkan pembalut yang sedang digunakan.
Melepas semua benda atau perhiasan yang sedang dikenakan sebelum menekuni USG.
Melepas beberapa atau semua baju dan menggantinya bersama dengan baju rumah sakit.
Puasa atau pemakaian obat penenang kebanyakan tidak dibutuhkan dalam pengecekan USG panggul, kalau USG merupakan anggota dari prosedur yang butuh anestesi.